ISO 9001 merupakan standar bertaraf internasional di bidang sistem manajemen mutu. Karena perusahaan/organisasi telah mendapatkan sertifikasi ISO 9001 tersebut, dengan kata lain perusahaan tersebut telah memenuhi persyaratan internasional dalam hal sistem manajemen mutu. Pada dasarnya suatu sistem manajemen mengarah pada apa tujuan perusahaan/organisasi. Tujuan suatu produk atau jasa yang dihasilkan perusahaan telah ditetapkannya sendiri, diantaranya :
  • Memenuhi persyaratan kualitas konsumen
  • Sesuai dengan peraturan
  • Sesuai dengan tujuan lingkungan

Prinsip-prinsip sertifikasi ISO 9001

1. Prinsip pertama : Fokus Pelanggan.

Memberikan kebutuhan-kebutuhan melebihi harapan konsumen. Pemenuhan kebutuhan tersebut bertujuan untuk mencapai kepuasan pelanggan.

2. Prinsip kedua : Kepemimpinan.

Setiap pimpinan yang ada di perusahaan memiliki tanggung jawab terhadap target yang diitentukan perusahaan. Untuk mencapai target, harus melakukan pemberdayaan baik dengan baik.

3. Prinsip ketiga : Keterlibatan Orang Lain.

Memberikan kepuasan pada customer akan lebih mudah tercapai jika didukung oleh seorang yang ahli. Semua tingkatan di perusahaan diberdayakan dan dilibatkan dengan baik.

4. Prinsip keempat : Pendekatan Proses Bisnis

Sistem manajemen mutu pada dasarnya didasarkan proses murni yang ada di perusahaan dengan melibatkan semua pihak yang terkait.

5. Prinsip kelima : Peningkatan Terus-Menerus.

Perusahaan yang bertahan dalam persaingan dunia industri ialah perusahaan yang fokus melakukan perbaikan berkelanjutan.

6. Prinsip keenam : Pendekatan Faktual dalam Pembuatan Keputusan.

Yaitu dengan membuat keputusan berdasarkan data dan  fakta yang ada.

7. Prinsip ketujuh : Hubungan Pemasok yang Saling menguntungkan.

Mengelola hubungan yang baik antar pihak-pihak di perusahaan misalnya pemasok, karyawan, mitra bisnis, dan lainnya akan mempertahankan perusahaan dengan kesuksesannya dan mampu bersaing.

Sertifikasi ISO 9001 merupakan salah satu persyaratan dalam sertifikasi SNI Produk. Dengan kata lain Implementasi ISO 9001 menjadi jaminan jalannya Sistem Manajemen Mutu organisasi yang baik. ISO 9001 ditujukan untuk digunakan di organisasi manapun yang merancang, membangun, memproduksi, memasang dan/atau melayani produk apapun atau memberikan bentuk jasa apapun. Standar ini memberikan daftar persyaratan yang harus dipenuhi oleh sebuah organisasi apabila mereka hendak memperoleh kepuasan pelanggan sebagai hasil dari barang dan jasa yang secara konsisten memenuhi permintaan pelanggan tersebut. Implementasi standar ini adalah satu-satunya yang bisa diberikan sertifikasi oleh pihak ketiga.

Bila anda membutuhkan jasa sertifikasi & Konsultasi ISO 9001. Jangan ragu untuk konsultasi dengan kami.